cover
Contact Name
Reza Andrea
Contact Email
reza@wicida.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Sebatik
ISSN : 14103737     EISSN : 2621069X     DOI : -
Core Subject : Science,
SEBATIK merupakan jurnal kumpulan artikel hasil penelitian, karya ilmiah, maupun program pengabdian masyarakat dari seluruh civitas akademik di Indonesia dalam rangka mengitegrasikan informasi. SEBATIK menyediakan layanan publikasi terbuka untuk semua kalangan umum, baik di semua lingkungan perguruan tinggi maupun keguruan dan lembaga penelitian lainnya, dengan kebebasan bertukar informasi yang didedikasikan untuk memfasilitasi kolaborasi antara peneliti, penulis maupun pembaca melalui pertukaran informasi. SEBATIK mulai diperkenalkan dan dikembangkan di lingkungan STMIK Widya Cipta Dharma sejak tahun 2001 dan terbuka lebar untuk pengembangan yang berkesinambungan. SEBATIK terbit berkala dua kali dalam setahun, yaitu Juni dan Desember, dimana setiap edisi terbitan mengandung paling sedikit 5 buah judul artikel. Jurnal ini memuat hasil-hasil kegiatan penelitian, penemuan dan pengabdian masyarakat dari bukan hanya dari dunia IT tetapi juga berbagai bidang disiplin ilmu. SEBATIK terbuka untuk topik-topik penelitian dan pengabdian seperti topik hubungan masyarakat, peningkatan ekonomi, pendidikan, infrastruktur TIK, dan lain-lain. Semoga dengan artikel-artikel dalam kultivasi para peneliti dapat saling berbagi ilmu demi memajukan Indonesia khususnya Kalimantan Timur.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 14 No 1 (2015): JUNI" : 5 Documents clear
PENERAPAN VIDEO CONFERENCE BERBASIS VOIP ASTERISK MENGGUNAKAN SISTEM OPERASI BRIKER PADA STMIK WIDYA CIPTA DHARMA Tommy Bustomi; Asep Nurhuda; Putra Hadi Wijaya
Sebatik Vol 14 No 1 (2015): JUNI
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan video conference pada suatu jaringan komputer yang berbasis VolP server menggunakan sistem operasi Briker agar lebih memudahkan Dosen dan Staff secara bersama melalui jaringan intranet maupun internet pada STMIK Widya Cipta Dharma Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode waterfall. Metode waterfall merupakan salah satu metode siklus hidup yang lebih dikenal sebagai model air terjun. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan video conference berbasis VoIP server dapat membantu serta lebih efisien proses berkomunikasi secara konfrensi video menggunakan softphone x-lite melalui jaringan intranet maupun STMIK Widya Cipta Dharma Samarinda.
MEMBANGUN MINI GAME RACING “TUNEL AND ROOT” Kusno Harianto; Reza Andrea; Inka Sandy Taruna
Sebatik Vol 14 No 1 (2015): JUNI
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mini Game Racing "Tunel and Root" adalah sebuah permainan yang termasuk dalam kategori mini game dan casual game yang memiliki game play yang relax dan mudah dipelajari oleh pemainnya. Permainan ini memiliki aturan permainan yang sederhana dan menampilkan konten yang dirancang untuk penggunanya agar dapat dipelajari dengan mudah karena game play dari game dalam memainkannya. Permainan tempo dulu sebenarnya untuk fisik mental anak, Namun sayangnya seiring kemajuan jaman, permainan melatih yang bermanfaat bagi anak mulai ditinggalkan bahkan dilupakan. Penelitian menghasilkan suatu aplikasi mini game yang diberi nama "Tunel and Root" yang termasuk dalam kategori raicing game dan casual game yang memiliki game play yang relax dan mudah dipelajari oleh pemainnya karena game play dari game ini tidak rumit.
MEMBANGUN PERMAINAN: MOUSE HUNTER – GAME ANTI KORUPSI BERBASIS ANDROID Awang Harsa Kridalaksana; Reza Andrea; Asti Melani Persius
Sebatik Vol 14 No 1 (2015): JUNI
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan anti korupsi memang harus ditanamkan sejak dini. Hal ini merupakan hal yang baik jika kita memperkenalkan sikap anti korupsi melalui media yang sering anak-anak lihat. Pada anak-anak usia dini, selain tidak boleh bersifat akadmik, juga harus bersifat tematik terintegrasi seperti, bercerita, bermain, dan lain-lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan permainan mouse hunter – game anti korupsi berbasis android yang menghibur sekaligus mendidik untuk anak-anak maupun orang dewasa serta tidak membosankan karena posisi awal berjalannya karakter muncul secara acak. Hasil dari penelitian ini adalah teknik pengacakan posisi awal menggunakan variabel acak agar pemain tidak dapat mengingat posisi awal berjalannya karakter tikus pada setiap levelnya.
SISTEM INFORMASI KURSUS BERBASIS WEB LKP ATC KOMPUTER Ita Arfyanti; Eka Arriyanti; Cherly Silia Maretana
Sebatik Vol 14 No 1 (2015): JUNI
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi berbagai kendala yang dihadapi oleh LKP Atc Komputer Kutai Barat. Metode yang digunakan dalam pengembangan web ini adalah waterfall sedangkan metode pengujian yang dipakai adalah beta testing. Dalam membangun website ini didukung sistem database MYSQL dan menggunakan dreamweaver sebagai web editor yang didukung oleh apache sebagai web server, serta bantuan dari alat bantu pengembangan system flowchart dan site map serta menggunakan bahasa PHP (PHP Hypertext Preprocessor) yang memiliki menu diantaranya halaman utama, profil, fasilitas kursus, pendaftaran dan informasi lainnya yang berkaitan den kursus komputer. Hasil yang diharapkan oleh peneliti adalah sebuah website yang memberikan kemudahan dalam menerima dan memberi informasi-informasi yang dibutuhkan oleh setiap peserta, pengajar dan seluruh masyarakat pada umumnya.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MEMILIH TEMPAT WISATA YANG MENARIK DI KABUPATEN KUTAI BARAT MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES Ahmad Rofiq Hakim; Heny Pratiwi; Susi Salviati
Sebatik Vol 14 No 1 (2015): JUNI
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem Pendukung Keputusan memilih tempat wisata yang menarik di kabupaten kutai barat merupakan sistem yang dibuat untuk membantu Dinas Pariwisata Kutai Barat dalam pengambilan keputusan dalam menentukan tempat wisata yang menarik di kabupaten kutai barat dengan menggunakan bantuan metode Naïve Bayes. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sistem pendukung keputusan memilih tempat wisata yang menarik dengan menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, studi lapangan, observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah dibuatnya sistem pendukung keputusan untuk memilih tempat wisata yang menarik. Dinas Pariwisata Kutai Barat dapat menginputkan data tempat wisata, kriteria, nilai kriteria dan yang kemudian sistem akan menghitung nilai probabilitas dengan metode naive bayes. Setelah dilakukan perhitungan maka system akan menampilkan keputusan Ya atau Tidak.

Page 1 of 1 | Total Record : 5